Tarian Mandau Kalimantan Tengah

Tarian Mandau Kalimantan Tengah
Tarian Mandau Kalimantan Tengah

Rabu, 07 Maret 2012

FOKUS HADAPI UJIAN NASIONAL DENGAN BELAJAR KELOMPOK


PALANGKA RAYA–Sebulan lebih menjelang ujian nasional (UN), banyak cara yang dilakukan oleh para pelajar dan siswa. Seperti halnya yang dilakukan oleh dua pelajar berprestasi kela XII SMAN-4 Palangka Raya yakni Rista Erlistantia dan Haikal Hazmi. Kedua siswa yang berbeda jurusan ini ternyata  memiliki cara yang sama untuk menghadapai ujian akhir yang akan digelar pada 23-26 April mendatang.
Seperti Rista Erlistantia siswa kelas XII jurusan Bahasa di SMAN-4 ini, dia mengakui sebulan menjelang UN telah mempersiapkan banyak hal terutama menambah porsi belajar dari hari-hari biasanya, dan mengurangi aktivitas yang lain untuk fokus belajar. “Saat ini saya benar-benar fokus belajar saja dulu, setelah pulang skolah dirumah dilanjutkan kembali belajarnya,” ujar Rsita Erlistantia saat dibincagi Kalteng Pos, kemarin (7/3).
Ditambahkan Rista, selain fokus   untuk belajar aktivitas-aktivitas seperti jalan-jalan dan bermain sudah telah dikurangi. “Kalau jalan-jalan saat ini sudah jarang lagi, karena benar-benar belajar rutin saja. Kalau tidak sendiri. Saya juga ikut belajar dengan teman-teman. Karena lebih asyik dan kami bisa bertukar fikiran untuk mengerjkan soal-soal,” ucap Rista.
Setelah digelar dua kali try out disekolahnya, menurut Rista, try out yang serentak digelar se-kota Palangka Raya oleh Disdikpora  pada 5-7 Maret soal-soalnya susah dari pada try out yang pertama dulu. “Ya soal try out kali ini lebih sulit daripada yang pertama lalu,salah satunya Bahasa Inggris dan Sastra,” ungkap siswi alumni SMPN-6 palangka Raya ini.  
“Namun, untuk mata pelajaran yang sulit ini. Saya tetap bersuha semaksimal mungkin untuk belajar dan rutin mengikuti les,”ujarnya.
Sementara Rista merupakan salah satu siswi SMAN-4 yang memiliki prestasi membanggakan di sekolahnya, salah satunya adalah meraih juara dua pada lomba pidato Bahasa Inggris yang digelar oleh STAIN Palangka Raya beberapa waktu lalu. Kemudian dia mengaku jika lulus saat UN nanti berencana melanjutkan ke Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).
“Rencanya sih, kalau lulus ingin ngambil  jurusan bahasa inggris di Yogyakarta, kebetulan orang tua semua mendukung keinginan tersebut,” ucap siswi kelahiran 7 Mei 1994 ini sembari menyebutkan lima mata pelajaran yang dihadapi oleh saat UN nanti adalah, Bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Sastra, Antropologi, dan Matematika.  
Sedangkan satu siswa SMAN-4 yang memiliki cara yang sama dengan Rista menghadapi ujian nasional adalah Haikal Hazmi, siswa kelas XII jurusan IPA 1 ini mengaku, belajar kelompok lebih efektif dan sangat mudah memahaminya. “Kalau kesiapan menghadapi UN, sudah siap dan selama ini juga kami selalu menggelar belajar kelompok setelah itu belajar dirumah sendiri, ” ujar haikal kemarin.
Sebulan lebih menjelang UN Haikal mengatakan, banyak-banyak berdoa dan lebih focus untuk selalu belajar, setelah itu main-main sudah dikurangi. “Kalau biasanya dalam seminggu cuma dua kali belajar dirumahnya dan lebih banyak mainnya, tapi sekarang gak bisa lagi lebih banyak main-main. Lebih baik diisi dengan belajar aja,”katanya.
Mengenai mata pelajaran yang sulit, Haikal mengaku semuanya susah. Tapi dari enam mata pelajaran yang di UN kan pertama Kimia, Fisika, Matematika, Bahasa Indonesia, Biologi dan Bahasa Inggris. “Kayanya sih Fisika yang paling sulit dan untuk yang lainnya ya masih enak lah. Dan pelajaran Fisika ini selalu dipelajari dengan tekun saja dulu,” ucap siswa kelahiran 21 September 1994 ini.
Meskipun dianggap pelajaran yang sulit, tidak membuat Haikal tertinggal dalam urusan prestasi di Olimpiade fisika tingkat SMA se-kota Palangka Raya. Diakuinya pada Olimpiade Fisika di STAINaat kelas XI lalu, pernah diikutinya. Namun akhirnyabelum mampu bersaing dan meraih juara. (ala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar