Tarian Mandau Kalimantan Tengah

Tarian Mandau Kalimantan Tengah
Tarian Mandau Kalimantan Tengah

Jumat, 02 Maret 2012

Lomba Pramuka 2012


Perayaan Hari Jadi ke X Gudep 01.007.008 KS Tubun SMAN-2
PALANGKA RAYA - Dalam rangka merayakan hari Gugus Depan (Gudep) 01.007.008 KS Tubun SMAN-2 Palangka Raya pada 2012, yang bertajuk Lomba Kreativitas Seni dan Patriotisme Pramuka (Lokanira)  X. Jumat (2/3) kemarin, telah memasuki kegiatan pendirian tenda di Lapangan SMAN-2 Jalan KS Tubun Palangka Raya.
Pada Lokanira yang ke 10 tahun 2012 diikuti oleh 200 peserta penggalang dan 140 orang pesaerta dari penegak. Dari keduannya masing-masing dibagi menjadi 10 kelompok. Ketua Harian Majelis Gugus Depan 07-08 KS Tubun Deminesi mengatakan,dari sekian banyak peserta yang mengikuti terbagi menjadi 34 sangga atau regu.
“Jadi untuk peserta penggalang yang 200 itu, kami bagi menjadi 20 sangga dan setiap sangganya terdapat 10 orang. Begitupula dengan pengeka kita akan bagi menjadi 14 sangga yang mana setiap sangganya terdiri dari 10 orang juga,”kata Deminesi kepada Kalteng Pos saat mengawasi pendirian tenda kemarin.
Ditambahkannya, Lokanira merupakan agenda tahunan untuk memperingati hari ulang tahun Gugus Depan (Gudep). “Setiap tahunnya selalu kita laksanakan dan memang seperti biasa pada Februari atau Maret kegiatan semacam ini kita gelar. Namun kami juga menyesuaikan dengan waktu belajar pesertanya baik yang penggalang dan pengeka,”ujar wanita yang juga Pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) 15  Kalimantan Tengah itu.
Kemudian Demnesi menuturkan, kegiatan Lokanira X   merupakan tempat anggota pramuka untuk mempererat tali silaturahmi dan pererat persaudaraan sesama anggotanya. “Kita mengharapkan melalui kegiatan ini bisa menumbuhkan karakter anak bangsa untuk berbudi pekerti yang baik, dan bisa saling menghormati antar sesamanya. Serta dapat melaksanakan kegiatan kepramukaan yang seutuhnya,” harapnya.
Sementara Pembina Gudep 07-08 KS Tubun Sapuani mengatakan, sejak dimulainya kegiatan telah digelar beberapa kegiatan diantaranya Latihan Keterampilan Baris Berbaris. “Kegiatan pertama yang sudah dilakukan adalah LKBB dan Upacara Penggalang dan Penegak, nah untuk hari ini (kemarin) peserta mendirikan tenda untuk kemah,” kata Sapuani kemarin.
“Setelah LKBB dan yang lainnya ada beberapa perlombaan lagi diantaranya lomba cerdas tangkas, hasta karya penggalang peragaan busana pramuka tari-tarian daerah serta beberapa perlombaan lain,”ucap pria yang kerap di sapa Cecep ini.
Ditambahkannya pada kegiatan yang akan berakhir Minggu 4 Maret besok akan dilaksanakan lagi beberap kegiatan. “Minggu pagi (besok red) ada kegiatan bela Negara  dan kami rencananya akan menggundang dari Kodim Polres untuk menjadi pembicaranya,” ujarnya.
Sementara dilapangan peserta penggalang dan penegak sekitar pukul 09 : 00 WIB memulai mendirikan tendanya, dan disela-sela kegiatan Pembina Gudep Sapuani mengatakan sedikit ada kendala karena lapangan tempat melakukan pendirian tenda sebaiannya tergenangi air karena hujan, namun anak-anak pramuka tetap melanjutkan pendirian, sebagainya melakukan penimbuanan ditempat-tempat yang tergenangi air. (ala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar