Tarian Mandau Kalimantan Tengah

Tarian Mandau Kalimantan Tengah
Tarian Mandau Kalimantan Tengah

Jumat, 22 Juni 2012

DEWAN SOROTI PENURUNAN PAD PEMKO TAHUN 2011

PALANGKA RAYA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, menyoroti penurunan pendapatan asli daerah (PAD) pemko tahun anggaran 2011 yanghanya mencapai Rp 34.732.637.782,06 atau sekitar 71,88 persen, dari target anggaran sebesar Rp 48.317.250.000.
“Secara umum memang pendapatan tercapai, tetapi secara khusus untuk PAD ini banyak yang tidak tercapai, bahkan ada beberapa item tertentu yang hanya nol persen.  Sedangkan sektor tertentu capaiannya ada yang sampai 300 persen, sehingga ada sesuatu yang memang harus diperbaiki, dalam hal penanganan PAD ini,” kata Sekretaris Fraksi Golkar DPRD kota Subandi kepada wartawan usai rapat paripurna ke7 masa sidang II di DPRD Kota Palangka Raya, Jumat (22/6).
Penurunan ini juga, menurut Subandi tentu akan dipertanyakan persoalannya, karena kemungkinan ada sebab - sebab yang membuat capaian PAD beberapa SKPD tersebut belum mecapai target.
“Ini tentunya akan kita tanyakan  dulu persoalannya, apakah karena tidak dipungut atau karena memang tidak melakukan  pemungutan, nah ini yang perlu dilakukan pengkajian. Kalau ada yang nol persen itu, pasti kita akan tanyakan disitu perdannya apabila memang ada obyek yang bisa dipungut berartikan personelnya yang kurang,” jelas Subandi yang juga Ketua Komisi III DPRD kota tersebut.
Kemudian Subandi juga mengharapkan, pemerintah bisa menilai dari pendapatan ini, sehingga kedepannya agar untuk kepala dinas SKPD yang memperoleh presentasenya tinggi, maka harus diberikan apresiasi. Setelah itu untuk yang belum memenuhi target bisa diberikan sanksi.
“Nah, pemerintah kota harus memberikan penghargaan kepada SKPD yang sudah mencapai target, kemudian bagi yang belum memenuhi target bisa disanksi, bahkan kalau perlu anggarannya di kurangi. Tapi disini bagi SKPD yang belum mencapai target harus diketahui diketahui persoalannya, sehingga nantinya dapat meningkatkan kinerjannya lagi,” ujarnya. (ala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar