Tarian Mandau Kalimantan Tengah

Tarian Mandau Kalimantan Tengah
Tarian Mandau Kalimantan Tengah

Selasa, 24 Januari 2012

Bawa Puisi Ciptaan WS Rendra

SMPK St Paulus Raih Juara Pertama Musikalisasi Puisi
PALANGKA RAYA–Pelajar SMPK St Paulus  kembali menorehkan prestasi yang membanggakan, kali ini melalui lomba musikalisasi puisi dalam rangka peringatan hari Bulan Bahasa yang digelar oleh Balai Bahasa Porvinsi Kalteng beberapa waktu lalu. Dalam perlombaan tersebut SMPK St Paulus yang mengirimkan tujuh pelajarnya berhasil menyabet juara pertama.  
Pada peringatan hari bulan bahasa memperlombakan berbagai macam kegiatan diantaranya, puisi, pidato serta musikalisasi puisi. Dalam kategori musikalisasi puisi SMPK St Paulus berhasil meraih juara pertama setelah membawakan puisi yang berjudul “Sajak Ibunda” karya WS Rendra.
Salah satu peserta musikalisasi Lehen Setiawan mengungkapkan bahwa, dalam perlombaan musikalisasi semua peserta harus bisa merubah sebuah puisi menjadi lagu setelah itu dinyanyikan dengan diiringi musik. “Dari sekolah kami (SMPK St Paulus) ada satu regu musikalisasi puisi yang berjumlah tujuh orang. Nah, dari tujuh orang ini mempunyai tugas masing-masing ada yang membaca puisi kemudian menyanyi serta bermain musik,”kata Lehen kepada Kalteng Pos, kemarin (24/1).
Ditambahkannya, bahwa perlombaan musikalisasi puisi merupakan lomba yang baru kali pertama diikutinya, jadi persiapan   untuk tampil masih belum tertalu matang, ditambah persaingan dari sekolah-sekolah lain sangat bagus.
“Ya memang persaingan sangat ketat,  tapi bersykurlah dan bangga yang pastinya, karena bisa meraih juara pertama,”kata Lehen yang merupakan pelajar kelas VIII-8 C SMPK St Paulus itu.
“Mendapat juara pertama, awalnya kami gak nyangka juga sih karena kan regu ini baru dibentuk, jadi waktu tampil merasa grogi aja dan benar-benar gak tahu kalau kami yang dapat juara. Padahal waktu tampil ada sedikit kesalahan sehingga kami disuruh mengulang lagi,”ungkapnya.
Sedangkan kelompok musikalisasi dari SMPK St Paulu beranggotakan Raul Borneo Dejaseda pelajar kelas IX-A sebagi pemain gitarnya, kemudian Clarisa Emanulla Berrnard pelajar kelas VIII-A sebagai pembaca puisinya. Setelah itu lima anggota lain memiliki tugas masing-masing.
Dari kelima anggota perannya ada menyanyi dengan membagikan menjadi tiga suara. Untuk suara Tenor dilakukan oleh Assa Moria Evanglianto pelajar kelas VIII-D dan Lehen Setiawan pelajar kelas VIII-C. Kemudian untuk suara Sopran dilakukan oleh Monica Claudia pelajar kelas VIII-B dan Natalia kelas VIII-B. Sedangkan untuk suara Alto dilakukan oleh Yunda Monica pelajar kelas VIII-B. (ala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar