Tarian Mandau Kalimantan Tengah

Tarian Mandau Kalimantan Tengah
Tarian Mandau Kalimantan Tengah

Jumat, 20 Januari 2012

Perkenalkan Pariwisata dan Budaya Sampai Mancanegara


PALANGKA RAYA–Prestasi membanggakan kembali dicapai oleh siswi SMAN 2 Palangka Raya,  kali ini melalui Episcia Puspita Lautt. Siswi yang menjadi runner up I putri pariwisata tingkat kota Palangka Raya 2011 lalu itu, mendapat kesempatan mempromosikan keindahan pariwista dan kebudayaan kota cantik Palangka Raya ke negara Vietnam.
Pada Desember 2011 lalu, Episcia Puspita Lautt menjadi salah satu dari tiga duta pariwisata perwakilan Palangka Raya yang mempromosikan wisata dan budaya Palangka Raya ke negara Vietnam. Bagi Cia sapaan akrabnya terpilihnya sabagai salah satu perwakilan tersebut menjadikan suatu pengelaman dan kebanggaan tersendiri.
“Dalam kesempatan itu, saya bersama dengan dua duta pariwisata lainnya memiliki kesempatan empat hari memperkenalkan potensi wisata dan budaya yang ada di kota Palangka Raya khususnya,”kata Episcia Puspita Lautt saat dibincagi Kalteng Pos, Jumat (20/1) kemarin.
Ditambahkan Cia, bahwa  pada kegiatan itu ada beberapa tempat pariwisata yang dipromosikan yakni Taman Alam Bukit Tangkiling dan Arboretum. “Sebelum tempat pariwisata  yang kami kenalkan, pertamanya saya dan teman-teman menunjukan tari mandau yang merupakan tarian asal Kalteng. Dari situ masyarakat disana menyambut dengan baik apa yang kami tunjukan,”ungkap Cia.
“Jadi mereka (masyarakat Vietnam red), sangat menghargai budaya kita. Kemudian promosi pariwisata dan kebudayaan yang kami kenalkan memang terfokus kepada masyarakatnya serta  para turis yang sedang liburan. Sedangkan tempat untuk memperkenalkannya adalah hari pertama digelar di Kapal Pariwisata,”tambah siswi yang juga ikut dalam sanggar Balanga Tingang dan Sanggar Lampung Baturung itu.
Sedangkan untuk tempat-tempat untuk memperkenalkan pariwisata digelar di  pusat ibu kota Vietnam. “Ya kami mempromosikan pariwisata dan budaya itu hanya digelar di ibukotanya (Seigon nama ibukota lama Vietnam yang saat ini Ho Chi Minh City red),” jelas siswi yang merupakan alumni SMP Katolik St Paulus Palangka Raya itu.  
Sementara selain mempromosikan wisata sampai ke Vietnam, Cia yang merupakan anak dari Pembantu Tiga Rektor Universitas Palangka Raya, juga mempunyai aktivitas lain  yakni menjadi pelatih tarian daerah. “Memang saya dipercaya untuk melatih nari di Sei Gohong, karena diberi kesempatan makanya saya coba dulu,”katanya.
“Peserta yang saya latih nari, tidak hanya berasal dari Indonesia saja. Tapi ada sekitar tujuh peserta dari Canada, kemudian untuk peserta yang dari Indonesia ada beberapa Provinsi diantaranya dari Jakarta, Riau, serta Papua,”ujar Cia. (ala)
BIODATA      :
NAMA            : Episcia Puspita Lautt
TTL                  : Palangka Raya 4 Juli 1994
ALAMAT        : Jalan W Coendra Palangka Raya
SEKOLAH      : SMAN 2 Jalan A Yani Palangka Raya
KELAS            : XII-IPA 2
BAPAK           : Prof Dr Ir Bambang S Lautt MSi
IBU                 : Hara Pertiwi MPd



Tidak ada komentar:

Posting Komentar